Hari Stroke Sedunia 2023 : Together We Are

 

Setiap tahun Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat di dunia untuk meningkatkan kesadaran akan pencegahan dan pengobatan stroke.
Dikutip dari Asosiasi Stroke Amerika, stroke adalah penyakit yang menyerang arteri dan berada di dalam otak. Penyakit ini merupakan penyebab kematian ketiga di dunia

Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah oleh bekuan darah. Ketika hal ini terjadi, bagian otak tidak dapat memperoleh darah dan oksigen yang dibutuhkan sehingga otak dan sel-sel otak mati.

Tahun ini, Hari Stroke Sedunia mengangkat tema ‘Together We Can Be #GreaterThan Stroke’ atau ‘Bersama Kita Bisa #Lebih Hebat Dari Stroke’. Tema ini memberikan pesan mengenai upaya kolektif yang perlu dilakukan dunia untuk mencegah stroke dan mengurangi peningkatan faktor risiko terkait stroke.

Melalui tema tersebut, WSO berharap setiap orang memiliki perannya masing-masing dalam mengatasi stroke, baik itu dengan membuat kebijakan, menyediakan layanan kesehatan, mengedukasi masyarakat, hingga menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari stroke.

 

Tips Mencegah Stroke:

  1. Aktivitas fisik 30 menit secara teratur mengurangi risiko stroke sebesar 25%.
  2. Hindari konsumsi junk food dan ikuti pola makan sehat untuk menghindari kemungkinan terkena stroke.
  3. Kurangi konsumsi lemak. Buah-buahan, sayur-sayuran, minyak sehat, kacang-kacangan dan polong-polongan merupakan pola makan yang sehat dan seimbang.
  4. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol. Perokok lebih rentan terkena stroke karena mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Merokok tembakau cenderung meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.
  5. Menjaga tekanan darah normal yaitu 120/80, dikarenakan penyebab utama stroke adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ketika suplai darah ke otak terputus akibat pecahnya pembuluh darah, terbentuknya bekuan darah menyebabkan pendarahan otak, dan kemudian seseorang mengalami stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *