Istithaah Jadi Syarat, RSUD dr. R. Soetrasno Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji 2024

 

Soetrasno media – Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Jawa Tengah bekerjasama dengan RSUD dr. R. Soetrasno Rembang melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk calon jamaah haji tahun 1445 H / 2024 M. Pemeriksaan calon jamaah haji ini berlangsung selama 4 hari dimulai Senin (18/12) dengan jumlah total calon jamaah haji sebanyak 327 orang.

Ratusan calon jamaah haji asal Kabupaten Rembang tersebut sudah dibagi menurut pengelompokkan Puskesmas dengan jadwal pelayanan mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB. ”Hari ini jadwalnya UPTD Puskesmas Lasem dan Sumber sebanyak 78 calon jamaah haji,” kata Direktur RSUD dr. R. Soetrasno dr. Agus Setiyo HP, Senin (18/12).

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan EKG (Elektrokardiografi), Laborat Glikolysis HbA1c dan pemeriksaan Thorax. Pihaknya juga mengaku telah menyiapkan alur khusus untuk pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji tahun ini. Dimana, calon jamaah haji yang hendak menjalani pemeriksaan kesehatan diarahkan oleh petugas untuk pemeriksaan EKG dan rontgen, namun harus mendaftar di gedung diklat lantai 1 RSUD. Pemeriksaan EKG dilaksanakan di ruang Diklat lantai 1. Setelah itu, calon jamaah haji menuju Ruang Radiologi lantai 1 untuk pemeriksaan thorak.

Muzakarah Perhajian Indonesia tahun 2023 mengeluarkan Sembilan rekomendasi untuk pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada Jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman, aman dan lancar serta terhindar dari mudharat. Salah satunya adalah “istithaah” merasa mampu atau sanggup dari segi kesehatan menjadi persyaratan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Jadi, istithaah menjadi salah satu syarat bagi calon Jemaah haji, sebelum menunasi BPIH nantinya.

Menurut Direktur RSUD dr. Agus Setiyo H.P,  dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan lebih cepat, tentu merupakan yang baik untuk memberi peluang kepada Jemaah melakukan pemulihan kesehatan ketika terdeteksi menderita suatu penyakit saat pemeriksaan pertama. Pokoknya program sangat baik dalam rangka memastikan CJH yang berangkat benar-benar sehat dan diyakini dapat melaksanakan ibadah haji nantinya dengan baik dan lancar

Direktur RSUD memastikan adanya pelayanan pemeriksaan kesehatan untuk calon jamaah haji tahun 1445 H / 2024 M ini tidak mengganggu pelayanan regular. Sebab, selain sudah memfokuskan tempat di Gedung Diklat, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk pelayanan ini.

“Semoga agenda ini berjalan lancar. Dan semoga semua hasil pemeriksaan calon jamaah haji baik,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *